Sudahkah Kita Melek Politik dan Peduli Pada Negeri? Mari Mengulas Film “2014!”

Apa kamu sudah nonton film “2014” karya Hanung Bramantyo dan Rahabi Mandra? Memang sudah lama sih rilis-nya, jadi ulasan ini agak telat. Ketika film ini naik tayang di layar lebar pun, respon publik nampaknya tidak terlalu bombastis, sebagaimana film impor Fast & Furious dan Avengers. Sangat disayangkan, meski memang film ini tidak sempurna, namun pemilihan temanya yang unik dan dibalut dengan nuansa populis, menurut saya, cukup perlu diapresiasi.

Film ini mengangkat tema drama politik sebagai benang merahnya. Tentu saja film dengan tema drama politik dan nasionalisme bukan hal baru dalam dunia film Indonesia moderen. Beberapa nama seperti Deddy Mizwar, Riri Riza, dan Garin Nugroho telah sering mencoba bicara “politik” melalui layar sinema. Sebut saja judul seperti Nagabonar (versi lampau) Nagabonar Jadi Dua (versi moderen), Gie, Soegija, serta judul-judul lainnya. Semuanya mencoba bicara sejarah politik Indonesia dengan mengangkat tokoh tertentu. Hanung Bramantyo dengan film Soekarno juga adalah salah satu contoh dari film Indonesia kontemporer yang mengangkat cerita dari seorang pendiri negeri ini.

Dalam rangka menyambut semarak Pilpres di Indonesia, di awal tahun 2015 lalu, Hanung kembali mempersembahkan karya terbarunya: 2014. Berbeda telak dengan Soekarno yang mengangkat tokoh non-fiksi, 2014 adalah sebuah film fiksi yang dibuat dengan latar belakang masyarakat kekinian. Judul singkat “2014” tentu merujuk pada tahun terselenggaranya pemilihan presiden di Indonesia yang menjadi tema utama cerita film ini.

Namun, tidak seperti karya-karya sebelumnya, Hanung bukanlah “sutradara utama” dalam pembuatan film ini. 2014 sesungguhnya ditukangi oleh Rahabi Mandra, sutradara muda berbakat yang memimpin mayoritas pembuatan film. Ia pula yang menjadi penulis skenario bersama Ben Sihombing. Sementara keseluruhan produksi film adalah tanggung jawab produser Celerina Judisari dari Mahaka Pictures.

http://www.isigood.com/inspirasi/sudahkah-kita-melek-politik-dan-peduli-pada-negeri-mari-mengulas-film-2014/
Latest


EmoticonEmoticon